INTERAKSI MANUSIA DENGAN KOMPUTER
INTERAKSI MANUSIA DENGAN KOMPUTER
A.Pengertian
Interaksi manusia dan komputer adalah disiplin ilmu yang
mempelajari hubungan antara manusia dan komputer yang meliputi perancangan,
evaluasi, dan implementasi antarmuka pengguna komputer agar mudah digunakan
oleh manusia. Sedangkan interaksi manusia dan komputer sendiri adalah
serangkaian proses, dialog dan kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk
berinteraksi dengan komputer secara interaktif untuk melaksanakan dan
menyelesaikan tugas yang diinginkan.
IMK atau interaksi manusia dan komputer adalah suatu ilmu
yang sangat berkaitan dengan disain implementasi dan evaluasi dari sistem
komputasi iyang interaktif untuk digunakan oleh manusia dan studi tentang ruang
lingkupnya,ada interaksi antara satu atau lebih manusia dan satu atau lebih
komputasi mesin.
Agar komputer dapat diterima secara luas dan digunakan
secara efektif, maka perlu dirancang secara baik.
Hal ini tidak berarti bahwa semua sistem harus dirancang
agar dapat mengakomodasi semua orang, namun komputer perlu dirancang agar
memenuhi dan mempunyai kemampuan sesuai dengan kebutuhan pengguna secara
spesifik.
Pada tahun 1970 mulai dikenal istilah antarmuka pengguna (user interface), yang juga dikenal dengan istilah Man-Machine Interface (MMI), dan mulai menjadi
topik perhatian bagi peneliti dan perancang sistem.
Perusahaan komputer mulai memikirkan aspek fisik dari
antarmuka pengguna sebagai faktor penentu keberhasilan dalam pemasaran
produknya.
Istilah human-computer
interaction (HCI) mulai muncul pertengahan tahun 1980-an
sebagai bidang studi yang baru. Istilah HCI mengisyaratkan bahwa bidang studi
ini mempunyai fokus yang lebih luas, tidak hanya sekedar perancangan antarmuka
secara fisik.
HCI didefinisikan sebagai disiplin ilmu yang berhubungan dengan
perancangan, evaluasi, dan implementasi sistem komputer interaktif untuk
digunakan oleh manusia dan studi tentang fenomena di sekitarnya. HCI pada
prinsipnya membuat agar sistem dapat berdialog dengan penggunanya seramah
mungkin (user friendly). Tidak hanya perancangan layout layar monitor. Dari
sudut pandang pengguna merupakan keseluruhan sistem sehingga Useful, Usable, Used
Useful:
fungsional, dapat mengerjakan sesuatu
Usable:
Dapat mengerjakan sesuatu dengan mudah, mengerjakan sesuatu yang benar (does the right things)
Used:
Terlihat baik, tersedia dan diterima/digunakan oleh organisasi
B.Media Interaksi
·
Command line
interface (perintah baris tunggal)contoh : unix, linux, dos2.
·
Menu (menu datar dan
menu tarik)contoh : hampir semua software menggunakan menu3.
·
Natural language
(bahasa alami)contoh : bahasa pemrograman terstruktur (belum objek)4.
·
Question/answer and
query dialoguecontoh : mysql, dbase interaktif, dll5.
·
Form-fills and
spreadsheetscontoh : excel, lotus, dll6.
·
WIMP-
·
Windows Icon Menu
Pointer-
·
Windows Icon Mouse
Pulldown Menuyang termasuk komponen WIMP : button, dialogue boxes, pallettes
C.Interface
Untuk membuat antarmuka yang baik dibutuhkan pemahaman
beberapa bidang ilmu, antara
lain :
1.
Teknik elektronika
& ilmu computer memberikan kerangka kerja untuk dapat merancang sistem HCI
2.
Psikologi memahami
sifat & kebiasaan, persepsi & pengolahan kognitif, ketrampilan motoric pengguna
3.
Perancangan grafis
dan tipografi sebuah gambar dapat bermakna sama dengan seribu kata. Gambar dapat
digunakan sebagai sarana dialog cukup efektif antara manusia & computer
4.
Ergonomik berhubungan
dengan aspek fisik untuk mendapatkan lingkungan kerja yang nyaman, misal :
bentuk meja & kursi kerja, layar tampilan, bentuk keyboard, posisi duduk, pengaturan
lampu, kebersihan tempat kerja
5.
Antropologi ilmu
pengetahuan tentang manusia, memberi suatu pandangan tentang cara kerja berkelompok
yang masing – masing anggotanya dapat memberikan konstribusi sesuai dengan
bidangnya
6.
Linguistik merupakan
cabang ilmu yang mempelajari tentang bahasa. Untuk melakukan dialog diperlukan
sarana komunikasi yang memadai berupa suatu bahasa khusus, misal bahasa grafis,
bahasa alami, bahasa menu, bahasa perintah
7.
Sosiologi studi
tentang pengaruh sistem manusia-komputer dalam struktur sosial, misal adanya PHK
karena adanya otomasi kantor
Secara garis besar, pengembangan antarmuka perlu
memperhatikan beberapa hal sebagai berikut :
1.
Pengetahuan tentang
mekanisme fungsi manusia sebagai pengguna komputer.Tentunya yang ada hubungannya
dengan psikologi kognitif, tingkat perseptual, serta kemampuan motorik
pengguna.
2.
Berbagai informasi
yang berhubungan dengan karakteristik dialog yang cukup lebar,seperti ragam
dialog, struktur, isi tekstual dan grafis, waktu tanggap, dan kecepatan tampilan.
3.
Penggunaan prototipe
yang didasarkan pada spesifikasi dialog formal yang disusun secara bersama
antara calon pengguna (user) dan perancang sistem, serta peranti bantu yang
dapat digunakan untuk mempercepat proses pembuatan prototipe.
4.
Teknik evaluasi yang
digunakan untuk mengevaluasi hasil proses prototipe yang telah dilakukan, yaitu
secara analitis berdasarkan pada analisis atas transaksi dialog, secara empiris
menggunakan uji coba pada sejumlah kasus, umpan balik pengguna yang dapat
dikerjakan dengan tanya jawab maupun kuesioner dan beberapa analisis yang dikerjakan
oleh ahli antarmuka
DAFTAR PUSTAKA
Komentar
Posting Komentar