Desain Pemodelan Grafik
Desain
Pemodelan Grafik
§ Pengertian Desain Pemodelan Grafik
Terdiri atas 3 suku kata, yaitu :
Desain yaitu perencanaan dalam membuat suatu objek.
Pemodelan yaitu membentuk suatu objek atau benda.
Grafik yaitu gambaran dari suatu data
Jadi bisa diartikan desain pemodelan grafik yaitu
perencanaan atau gambaran untuk membentuk suatu objek dengan menggunakan
software komputer.
§ Sejarah dan Perkembangan
- Awal tahun 60-an dimulainya model animasi dengan
menampilkan simulasi efek fisik
- 1961:Edward Zajac menyajikan suatu model simulasi
satelit dengan menggunakan teknologi Grafik Komputer
- 1963:Alat untuk menampilkan Calligraphic
(vector),Mouse oleh Douglas Englebert
- 1970:Pierre B´eezier mengembangkan kurva B´eezier
- 1972:ditayangkannya filmWestworld, sebagai film
pertama yang menggunakan animasi computer
- 1974:Ed Catmull mengembangkan z-buffer (Utah).
Komputer animasi pendek, Hunger:Keyframe animation and morphing
- 1976:Jim Blinn mengembangkan texture dan bump mapping
- 1977 Film terkenal Star Wars menggunakan grafik
computer
- Pertengahan tahun 70-an hingga 80-an: Pengembangan
Quest for realism radiosity sebagai main-stream aplikasi realtime
- 1982:Pengembangan teknologi grafik komputer untuk
menampilkan partikel
- 1984:Grafik Komputer digunakan untuk menggantikan
model fisik pada film The Last Star Fighter
- 1986:Pertama kalinya Film hasil produksi grafik
komputer dijadikan sebagai nominasi dalam Academy Award: Luxo Jr. (Pixar).
- 1995:Diproduksi fillm Toy Story (Pixar dan Disney)
sebagai film 3D animasi panjang pertama
- Akhir tahun 90-an, ditemukannya teknologi
visualisasi interaktif untuk ilmu pengetahuan dan kedokteran, artistic rendering,
image based rendering, path tracing, photon maps, dll.
- Tahun 2000 ditemukannya teknologi perangkat keras
untuk real-time photorealistic rendering.
§ Unsur Desain Grafik
Ø Garis
(line)
Menghubungkan antara suatu titik
dengan titik lainnya yang akan menghasilkan garis lurus maupun melengkung.
Ø Bentuk
(shape)
Memiliki diameter tinggi dan lebar.
Ø Tesktur
Tampilan permukaan benda yang dapat
dilihat atau diraba.
Ø Ruang
(space)
Jarak anatara suatu benda dengan
bentuk lainnya, pada praktek desain dapat dijadikan unsur untuk memberi efek
estika desain dan dinamika desain grafis.
Ø Ukuran
(size)
Besar kecilnya suatu objek.
Ø Warna
(color)
Unsur terpenting dari objek desain.
Karena warna dapat menghidupkan suatu objek tersebut.
§ Prinsip Desain Grafik
Ø Kesederhanaan
Ø Keseimbangan
Ø Kesatuan
Ø Penekanan
Ø Irama
§ Bidang Ilmu yang Berkaitan
Ø Psikologi
Mengenai
perilaku manusia, mengontrol motoric dan memberikan pengetahuan yang bermanfaat
kedalam metode pencocokan mesin terhadap pengunaan manusia.
Ø Teknik
eletronika, Ilmu komputer
Menyediakan
teknologi untuk desain komputer. Merupakan bidang utama dalam kerangka
perancangan suatu system interaksi manusia-komputer.
Ø Ilmu
bahasa komunikasi
Mengenai
bahasa dan aspek seperti halnya bahasa komputasi dan abhasa teori formal
menimpa formalitas ilmu komputer dan digunakan secara luas dalam spesifikasi
formal dari dialog-dialog manusia-komputer juga menjadi jembatan antara ilmu bahasa, ilmu komputer
dan teknik elektronika.
Ø Sosiologi
Mengenai
pemgaruh system manusia-komputer pada struktur lingkungannya.
Ø Ergonomi
Mengenai
mesin ke manusia, aspek fisik dari alat-alat antarmuka anatara manusia dan
mesin.
§ Manfaat dan Penerapan Desain
Pemodelan Grafik
Ø Budaya
-
pahatan batu pada candi di Indonesia
-
desain gambar pada batik
Ø Pendidikan
-
Presentasi objek-objek nyata dapat
melalui power point atau software lainnya.
Ø Hiburan
-
Efek animasi film kartun
-
Iklan di TV
Ø Perancangan
-
Mendesain suatu arsitektur bangunan
dengan auto cad
-
Mendesain kendaraan
Ø Komunikasi
-
Desain komunikasi dan fine art
-
Merancang produk untuk menyampaikan
informasi
§ Contoh Software yang Berhubungan
Desain Pemodelan Grafik
Ø Coreldraw
Ø Webdesign
Ø Adobe Photoshop
Ø 3D StudioMax
Ø AutoCad
Ø Final Cut
Ø Google SketchUp
Ø Microsoft Frontpage
Ø Adobe After Effect
Ø GIMP
Daftar
pustaka
Komentar
Posting Komentar