Desain Pemodelan Grafik

Desain Pemodelan Grafik

§   Pengertian Desain Pemodelan Grafik
Terdiri atas 3 suku kata, yaitu :
Desain yaitu perencanaan dalam membuat suatu objek.
Pemodelan yaitu membentuk suatu objek atau benda.
Grafik yaitu gambaran dari suatu data
Jadi bisa diartikan desain pemodelan grafik yaitu perencanaan atau gambaran untuk membentuk suatu objek dengan menggunakan software komputer.

§   Sejarah dan Perkembangan
- Awal tahun 60-an dimulainya model animasi dengan menampilkan simulasi efek fisik
- 1961:Edward Zajac menyajikan suatu model simulasi satelit dengan menggunakan teknologi Grafik Komputer
- 1963:Alat untuk menampilkan Calligraphic (vector),Mouse oleh Douglas Englebert
- 1970:Pierre B´eezier mengembangkan kurva B´eezier
- 1972:ditayangkannya filmWestworld, sebagai film pertama yang menggunakan animasi computer
- 1974:Ed Catmull mengembangkan z-buffer (Utah). Komputer animasi pendek, Hunger:Keyframe animation and morphing
- 1976:Jim Blinn mengembangkan texture dan bump mapping
- 1977 Film terkenal Star Wars menggunakan grafik computer
- Pertengahan tahun 70-an hingga 80-an: Pengembangan Quest for realism radiosity sebagai main-stream aplikasi realtime
- 1982:Pengembangan teknologi grafik komputer untuk menampilkan partikel
- 1984:Grafik Komputer digunakan untuk menggantikan model fisik pada film The Last Star Fighter
- 1986:Pertama kalinya Film hasil produksi grafik komputer dijadikan sebagai nominasi dalam Academy Award: Luxo Jr. (Pixar).
- 1995:Diproduksi fillm Toy Story (Pixar dan Disney) sebagai film 3D animasi panjang pertama
- Akhir tahun 90-an, ditemukannya teknologi visualisasi interaktif untuk ilmu pengetahuan dan kedokteran, artistic rendering, image based rendering, path tracing, photon maps, dll.
- Tahun 2000 ditemukannya teknologi perangkat keras untuk real-time photorealistic rendering.

§   Unsur Desain Grafik

Ø  Garis (line)
Menghubungkan antara suatu titik dengan titik lainnya yang akan menghasilkan garis lurus maupun melengkung.

Ø  Bentuk (shape)
Memiliki diameter tinggi dan lebar.

Ø  Tesktur
Tampilan permukaan benda yang dapat dilihat atau diraba.

Ø  Ruang (space)
Jarak anatara suatu benda dengan bentuk lainnya, pada praktek desain dapat dijadikan unsur untuk memberi efek estika desain dan dinamika desain grafis.

Ø  Ukuran (size)
Besar kecilnya suatu objek.

Ø  Warna (color)
Unsur terpenting dari objek desain. Karena warna dapat menghidupkan suatu objek tersebut.





§  Prinsip Desain Grafik

Ø  Kesederhanaan
Ø  Keseimbangan
Ø  Kesatuan
Ø  Penekanan
Ø  Irama

§  Bidang Ilmu yang Berkaitan

Ø  Psikologi
Mengenai perilaku manusia, mengontrol motoric dan memberikan pengetahuan yang bermanfaat kedalam metode pencocokan mesin terhadap pengunaan manusia.

Ø  Teknik eletronika, Ilmu komputer
Menyediakan teknologi untuk desain komputer. Merupakan bidang utama dalam kerangka perancangan suatu system interaksi manusia-komputer.

Ø  Ilmu bahasa komunikasi
Mengenai bahasa dan aspek seperti halnya bahasa komputasi dan abhasa teori formal menimpa formalitas ilmu komputer dan digunakan secara luas dalam spesifikasi formal dari dialog-dialog manusia-komputer  juga menjadi jembatan antara ilmu bahasa, ilmu komputer dan teknik elektronika.

Ø  Sosiologi
Mengenai pemgaruh system manusia-komputer pada struktur lingkungannya.

Ø  Ergonomi
Mengenai mesin ke manusia, aspek fisik dari alat-alat antarmuka anatara manusia dan mesin.


§  Manfaat dan Penerapan Desain Pemodelan Grafik

Ø  Budaya
-          pahatan batu pada candi di Indonesia
-          desain gambar pada batik

Ø  Pendidikan
-          Presentasi objek-objek nyata dapat melalui power point atau software lainnya.

Ø  Hiburan
-          Efek animasi film kartun
-          Iklan di TV


Ø  Perancangan
-          Mendesain suatu arsitektur bangunan dengan auto cad
-          Mendesain kendaraan

Ø  Komunikasi
-          Desain komunikasi dan fine art
-          Merancang produk untuk menyampaikan informasi


§  Contoh Software yang Berhubungan Desain Pemodelan Grafik

Ø  Coreldraw
Ø  Webdesign
Ø  Adobe Photoshop
Ø  3D StudioMax
Ø  AutoCad
Ø  Final Cut
Ø  Google SketchUp
Ø  Microsoft Frontpage
Ø  Adobe After Effect
Ø  GIMP




Daftar pustaka

Komentar

Postingan Populer